0
    DNS itu kepanjangan dari Domain Name System yang merupakan sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk data paling besar di dalam jaringan komputer.

     Domain Name System (DNS) Adalah sebuah aplikasi service di internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address dan salah satu jenis system yang melayani permintaan pemetaan IP address ke FQPN (Fany Qualified Domain Name) dan dari FQDN ke IP address. DNS biasanya digunakan pada aplikasi yang berhubungan ke internet seperti Web Browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah computer ke IP address. 

     Selain digunakan di internet DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau internet.

     Domain itu sendiri berfungsi sebagai pengganti Internet Protocol (IP). Untuk lebih jelasnya tentang pengertian domain mungkin contoh berikut dapat lebih mudah untuk dipahami, misalnya kita tentu akan sulit sekali untuk menghafal Internet Protokol (IP) yang bernama 66.94.230.36. Padahal IP 66.94.230.36 yang dikenal didunia maya ini adalah apa yang kita kenal sebagai www.yahoo.com, dan yahoo.com inilah yang disebut domain

     Ada beberapa aturan dalam penggunaan nama domain dalam hubungannya dengan penggunaan oleh organisasi, misalnya .edu yang digunakan untuk institusi pendidikan, .org yang digunakan untuk organisasi dan ada juga domain yang mengindefikasikan domain dari negara asal seperti misalnya .ac.id yang digunakan pada lembaga pendidikan di Indonesia, dan lain sebagainya. 


Post a Comment

Dilarang Menghina, Dilarang Berkomentar Berbau Porno, Politik, Provokasi, Berkomentarlah dengan bijak, sopan dan sesuai artikel

 
Top