0
    Hai sobat, disini saya akan menjelaskan tentang MAC Address. MAC Address itu kepanjangan dari Media Access Controlyang pengertiannya itu adalah sebuah alamat jaringan yang diiplementasikan pada lapisan data link dalam tujuh lapisan OSI layer, yang mempresentasikan dalam sebuah jaringan yang berbasis ethernet. MAC Address sering juga disebut sebagai Pyshical Address, Ethernet Address, atau Hardware Address.

Di sini saya akan mencoba, cara memperlihatkan MAC Address pada laptop Samsung yang berbasis Linux :

  1. Kita buka terminal


  2. Setelah masuk ke terminal, kita ketikkan su



  3. Kita masukkan password kita


  4. Lalu masukkan perintah ifconfig


  5. Hasilnya saya mempunyai MAC Address


  6. Hwaddr 50:b7:c3:52:cf:70

Sedangkan,

Packet headeritu adalah sebuah bagian dari packet IP (internet protocol) yang berisi pengalamatan dan data lain yang di perlukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Paket adalah unit fundamental dari transportasi informasi di semua jaringan komputer modern, dan semakin dalam jaringan komunikasi lain juga. Mereka bisa menjadi ukuran tetap atau ukuran variabel, tergantung pada sistem. Terlepas dari ukuran mereka, masing-masing paket terdiri dari tiga bagian utama: header, tubuh, juga disebut payload, dan trailer.

Format header ditentukan dalam protokol Internet. Ini biasanya berisi 20 byte data, meskipun ada pilihan di dalamnya yang memungkinkan penambahan lebih byte. Di antara isi dari header adalah versi IP (yang selalu diatur ke 4, karena IPv4 yang digunakan), alamat pengirim IP, alamat IP penerima dimaksudkan ini, jumlah paket pesan telah rusak ke dalam, identifikasi jumlah paket tertentu, protokol (misalnya 1 untuk ICMP, 2 untuk IGMP, 6 untuk TCP dan 17 untuk UDP) yang digunakan, panjang paket (pada jaringan yang memiliki paket panjang variabel), waktu untuk hidup (yaitu, jumlah link atau hop yang paket dapat dialihkan sebelum diizinkan berakhir) dan sinkronisasi data (beberapa bit yang membantu paket cocok untuk jaringan).


sumber dari : http://www.linfo.org 



semoga bermanfaat.....

Post a Comment

Dilarang Menghina, Dilarang Berkomentar Berbau Porno, Politik, Provokasi, Berkomentarlah dengan bijak, sopan dan sesuai artikel

 
Top