0
     Hai sobat, disini saya akan menjelaskan apa itu firewall ?



     Firewall adalah keamanan jaringan sistem yang memonitor dan mengontrol lalu lintas jaringan yang masuk dan keluar berdasarkan aturan keamanan yang telah ditentukan. Firewall biasanya menetapkan penghalang antara dipercaya, jaringan internal yang aman dan jaringan lain di luar, seperti Internet, yang diasumsikan tidak aman atau terpercaya. 

     Firewall sering dikategorikan sebagai firewall jaringan atau berbasis host firewall. Jaringan firewall adalah alat perangkat lunak yang berjalan pada hardware tujuan umum atau hardware berbasis peralatan komputer firewall lalu lintas filter antara dua atau lebih jaringan. Berbasis host firewall menyediakan lapisan perangkat lunak pada satu host yang mengontrol lalu lintas jaringan masuk dan keluar dari itu mesin tunggal. Peralatan Firewall juga dapat menawarkan fungsi lain ke jaringan internal mereka melindungi seperti bertindak sebagai DHCP atau VPN server untuk jaringan tersebut. 


SEJARAH

      Istilah firewall awalnya disebut dinding dimaksudkan untuk membatasi kebakaran atau potensi kebakaran dalam bangunan. Kemudian menggunakan pada struktur serupa, seperti lembaran logam memisahkan kompartemen mesin kendaraan atau pesawat dari kompartemen penumpang. Teknologi firewall muncul di akhir 1980-an ketika Internet adalah teknologi yang cukup baru dalam hal penggunaan global dan konektivitas. Alat pendahulu firewall untuk keamanan jaringan adalah router yang digunakan pada akhir tahun 1980:


  Clifford Stoll adalah penemuan mata-mata jerman yang merusak sistemnya.



Bill Cheswick 's "Evening dengan Berferd" tahun 1992, di mana ia mendirikan sederhana elektronik "penjara" untuk mengamati penyerang.
 
Pada tahun 1988, seorang karyawan di NASA Ames Research Center di California mengirim memo oleh email untuk rekan-rekannya yang berbunyi, "Kami saat ini diserang dari Internet VIRUS ! Ini telah memukul Berkeley , UC San Diego , Lawrence Livermore , Stanford , dan NASA Ames . "



The Morris Worm menyebarkan dirinya melalui beberapa kerentanan dalam mesin waktu. Meskipun itu tidak berbahaya di maksud, Worm Morris adalah besar pertama serangan skala pada keamanan Internet, komunitas online sendiri tidak mengharapkan serangan atau siap untuk berurusan dengan satu.  


telah di edit dari sumber https://en.wikipedia.org/wiki/Firewall

semoga bermanfaat.....

Post a Comment

Dilarang Menghina, Dilarang Berkomentar Berbau Porno, Politik, Provokasi, Berkomentarlah dengan bijak, sopan dan sesuai artikel

 
Top