0
    Hai sobat, disini saya akan membahas tentang antena terlebih dahulu, karena antena itu walaupun bentuknya seperti itu tapi manfaatnya itu luar biasa. Kita akan simak lebih dalam apa itu antena ?.



    Antena adalah struktur transmisi antara gelombang terbimbing (saluran transmisi) dengan gelombang ruang bebas atau sebaliknya. Antena adalah salah satu elemen penting yang harus ada pada sebuah teleskop radio, TV, radar, dan semua alat komunikasi nirkabel lainnya. Antena adalah bagian vital dari suatu pemancar atau penerima yang berfungsi untuk menyalurkan sinyal radio ke udara. Bentuk antena bermacam macam sesuai dengan desain, pola penyebaran dan frekuensi dan gain. Panjang antena secara efektif adalah panjang gelombang frekuensi radio yang dipancarkannya. Antena dipol setengah gelombang adalah sangat populer karena mudah dibuat dan mampu memancarkan gelombang radio secara efektif.

    Fungsi antena adalah untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal elektromagnetik, lalu meradiasikannya (pelepasan energi elektromagnetik ke udara/ruang bebas). Dan sebaliknya, antena juga dapat berfungsi untuk menerima sinyal elektromagnetik (penerima energy elektromagnetik dari ruang bebas) dan mengubahnya menjadi sinyal listrik. Pada radar atau sistem komunikasi satelit, sering dijumpai sebuah antena yang melakukan kedua fungsi (peradiasi dan penerima) sekaligus. Namun, pada sebuah teleskop radio, antena hanya menjalankan fungsi penerima saja.

sumber : wikipedia

Setelah kita sudah mengenal antena, saya akan membahas tentang jenis - jenis antena dan fungsinya :

Jenis - Jenis Antena Dan Fungsinya :
  1. Antena Omni




  2.     Antena Omni berfungsi untuk melayani cakupan area yang luas tetapi dengan jangkauan yang pendek. Dengan jangkauan area yang luas, kemungkinan di area ini juga akan terkumpul sinyal lain yang tidak diinginkan. Jenis antena ini sangat cocok digunakan untuk system koneksi point to multipoint atau koneksi hotspot.


  3. Antena Flat Panel




  4.     Fungsinya memfokuskan satu titik. Antena ini hanya di gunakan untuk jarak yang dekat dan tidak untuk jarak yang jauh karena frekuensinya kecil.

  5. Antena Grid




  6.     Antena ini banyak digunakan untuk menerima sinyal wifi, karena signal yang diterima difokuskan pada titik tertentu. Namun seiring dengan perkembangan zaman antena grid juga banyak dimodifikasi untuk menangkap jaringan EVDO, 3G atau HSPA.


  7. Antena Solid Disc



  8.     Antena Parabolik (Solid Disc) : memiliki fungsi dan frekuansi yang sama dengan antena grid, tetapi antena ini memiliki jangkauan lebih jauh dan lebih fokus dibandingkan antena Grid. Antena Solid Disc biasanya digunakan untuk aplikasi point to point jarak jauh.


  9. Antena Sectoral



  10.    antena sectoral hampir mirip dengan antena omnidirectoral,yang juga di gunakan untuk access point to serve a point-to-multi-point (P2MP) links.dapat menampung hingga 5 client.beberapa antena sectoral di buat tegak lurus dan ada juga yang horizontal.

  11. Antena Yogi



  12.     Antena ini banyak dipakai untuk menerima sinyal elektromagnetik dari pemancar Radio atau TV Telestrial (UHF/VHF). Namun seiring dengan perkembangan zaman antena ini juga banyak dipakai untuk menguatkan sinyal Handphone maupun modem HSPA.

  13. Antena Parabola



  14.     Antena ini sering digunakan untuk menangkap sinyal dari satelit TV. Jadi signal elektromagnetik dipantulkan dan dikumpulkan pada titik fokus. Sehingga bisa kita gunakan untuk nonton TV, internet dan sebagainya melalui receiver parabola. Untuk jenisnya ada dua yaitu Prime fokus dan Offset.


Semoga bermanfaat.....

Post a Comment

Dilarang Menghina, Dilarang Berkomentar Berbau Porno, Politik, Provokasi, Berkomentarlah dengan bijak, sopan dan sesuai artikel

 
Top