0
      Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang WPS. 


   Saya akan sedikit menerangkan apa itu WPS. WPS itu merupakan kepanjangan dari Wifi Protected Setup. Dengan WPS ini diharapkan pada pengguna perangkat mendapatkan kemudahan untuk menambah perangkat ke dalam jaringan nirkabel tanpa perlu melakukan autentikasi menggunakan password. WPS bisa diaktifkan dengan menekan sebuah tombol (bisa real atau virtual) pada acces point dan perangkat nirkabel pada klien. WPS bekerja pada access point yang mempunyai keamanan WPA personal dan WPA2 Personal.

     Wi-Fi Protected Setup (WPS; awalnya Wi-Fi Simple Config) adalah standar keamanan jaringan untuk membuat aman jaringan nirkabel di rumah . Metode PIN (lihat di bawah) bisa gagal terhadap serangan brute-force .
 
      Dibuat oleh Aliansi Wi-Fi dan diperkenalkan pada tahun 2006, tujuan dari protokol adalah untuk memungkinkan pengguna rumah yang tahu sedikit tentang keamanan nirkabel dan mungkin terintimidasi oleh pilihan keamanan yang tersedia untuk mengatur Wi-Fi Protected Access , serta membuat mudah untuk menambahkan perangkat baru ke jaringan yang ada tanpa memasukkan passphrase panjang. Sebelum standar, beberapa solusi bersaing dikembangkan oleh vendor yang berbeda untuk mengatasi kebutuhan yang sama.
 
      Sebuah lubang keamanan besar terungkap pada Desember 2011 yang mempengaruhi router nirkabel dengan fitur WPS PIN, yang kebanyakan model terbaru telah diaktifkan secara default. Cacat yang memungkinkan penyerang remote untuk memulihkan WPS PIN dalam beberapa jam dengan serangan brute-force dan, dengan PIN WPS, WPA / WPA2 jaringan pra-berbagi kunci. Pengguna telah didesak untuk mematikan WPS fitur PIN, meskipun ini mungkin tidak dapat dilakukan pada beberapa model router.

telah di edit dari sumber https://en.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi_Protected_Setup

Semoga bermanfaat..... 

Post a Comment

Dilarang Menghina, Dilarang Berkomentar Berbau Porno, Politik, Provokasi, Berkomentarlah dengan bijak, sopan dan sesuai artikel

 
Top